Personel Polsek Kuta Alam Amankan Lokasi Kebakaran Rumah Di Banda Aceh

 

Gananews.com,Banda Aceh-Kebakaran rumah yang terjadi pagi tadi,menimpa warga gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Rumah milik Saifullah (65) berada di Jalan Mangga di Banda Aceh ini terbakar akibar dari pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga setempat,minggu 7 juni 2020.

 

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kapolsek Kuta Alam Iptu Miftahuda Dizha Fezuono, SIK membenarkan adanya rumah yang berkonstruksi papan terbakar tadi pagi.

 

“Benar, tadi pagi ada rumah warga yang terbakar di jalan mangga, namun kesiapsiagaan warga sangat cepat, walaupun didampingi oleh tim dari pemadam kebakaran Kota Banda Aceh, sinergitas warga bersama pemadam di Banda Aceh dalam memadamkan api, ” sebut Dizha.

 

Menurut Dizha, bahwa rumah yang dihuni oleh pak Saifullah tersebut terkena imbasan api dari pembakaran sampah didepan rumahnya, sehingga diketahui oleh anak-anaknya yang bermain didepan rumah, kemudian warga melaporkan ke Posko Pemadam di jalan Pelangi yang tidak jauh dari lokasi kejadian kebakaran.

 

Sementara itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh langsung menggerakkan personelnya untuk memadamkan api agar tidak menjalar ke rumah yang berada disekitar lokasi kejadian, sambungnya.

 

“Hingga api berhasil dipadamkan, personel Polsek Kuta Alam melakukan pengamanan dan memasang garis Police line untuk mengusut kejadian tersebut,” pungkas Dizha.

 

Menurut Kepala DPKP Kota Banda Aceh Drs. Rizha, MM, ianya menugaskan personel yang berada di piket Posko Pelangi untuk membantu warga yang sedang mengalami musibah kebakaran.

 

“Kesiapsiagaan petugas pemadam yang ada, api berhasil dipadamkan bersama warga yang juga di back up oleh aparat keamanan dan petugas PLN untuk menjaga sekitar lokasi kejadian,” kata Rizha.

 

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan masih terdapat asap dan bara api, petugas melaksanakan penyiraman secara sempurna, namun setelah kondisi aman, armada kembali ke posnya untuk melaksanakan tugas lainnya, tutur Rizha.

 

Rizha mengatakan, dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa, namun hanya dinding rumah milik Saifullah yang terbakar akibat dari pembakaran sampah.

 

“Kami imbau kepada seluruh warga Kota Banda Aceh, agar berhati – hati dalam melakukan pembakaran, baik sampah ataupun lainnya yang akan menjadikan kebakaran lebih besar sehingga merugikan orang lain. Jika terjadi kebakaran, seera laporkan kepada kami via nomor telephone emergency 113 ataupun mendatangi posko terdekat,” pungkas Kepala DPKP Kota Banda Aceh.(Red)