Walikota Banda Aceh Menambah Kuota Pasar Murah Online

Gananews.com,Banda Aceh – Menanggapi tingginya animo masyarakat, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menambah kuota kupon pasar murah yang dibuka secara online, Senin 13 April 2020.

 

Awalnya, Pemko Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan memberikan 2.800 kupon paket Sembako senilai Rp 150 ribu yang dapat ditebus Rp 100 ribu.

 

“Hari ini kita tambah 1.200 kupon lagi, sehingga total ada 4.000 kupon yang kita berikan kepada masyarakat,” kata Wali Kota Aminullah saat menggelar konferensi pers di kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan.

 

Menurut Aminullah, selain melihat tingginya animo masyarakat, penambahan kupon dimaksud sebagai upaya untuk mengendalikan harga Sembako terutama Gula Pasir. “Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa, ditambah lagi kita sedang menghadapi pandemi Corona.”

 

Untuk mendapatkan kupon tersebut, masyarakat bisa mendaftar secara online melalui link bit.ly/sembako_murahbna1. “Pengambilan barang pada 17-19 April di Pocut Baren Swalayan, Gampong Keuramat dan Permata Bunda Swalayan, Punge Jurong,” ujarnya.

 

Ia pun berharap masyarakat yang belum kebagian, dapat segera mendaftar untuk mendapatkan kupon pembelian Gula, Minyak Goreng, dan Telur yang harganya telah disubsidi oleh pemerintah. “Harga barang Rp 150 ribu, bayar Rp 100 ribu saja karena sudah kita subsidi Rp 50 ribu per paketnya,” kata wali kota.

 

Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan M Nurdin mengatakan proses pendaftaran untuk mendapatkan kupon cukup mudah. “Dari HP buka link bit.ly/sembako_murahbna1, isi biodata, dan tinggal upload foto KTP dan KK.”

 

“Pendaftaran dibuka sejak tanggal 13 sampai 14 April 2020 atau secara otomatis ditutup oleh aplikasi saat kuota 1.200 pendaftar terpenuhi,” ujar Nurdin.

 

Pada saat pengambilan nanti 17-19 April, jumlah warga yang mau menukarkan kupon akan dibatasi 200 orang per hari. “Agar tidak berdesak-desakan, berkerumun, sesuai protokol pencegahan Covid-19. Jangan berebut semua yang dapat kupon pasti kebagian,” ujarnya.

 

Ia pun merinci kupon Sembako murah terdiri dari 4 Kg Gula, 2 liter Minyak Goreng, dan 1 papan atau 30 butir Telur. “Besar subsidi setiap item barang adalah Gula Rp 6000/ kg, Minyak Goreng Rp 5.500/liter, dan

Telur Rp 500/butir. Harga tebus Sembako mengikuti harga pasar, subsidi tetap Rp 50 ribu,” ujarnya(Red)