Aminullah Minta Warga Waspada, ODP dan Positif Covid-19 di Banda Aceh Bertambah

Gananews.com,Banda Aceh –  satu lagi pasien dinyatakan positif corona, dengan ini maka total pasien positif dari Banda Aceh menjadi tiga orang,Jumat, 24 April 2020.

 

Informasi dari Dinas Kesehatan kota, hingga Jumat siang per 12.00 WIB, total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 721 orang, 583 orang diantaranya selesai pemantauan dan 138 masih dalam proses pemantauan. ODP sebelumnya hanya berjumlah 77 orang, secara grafik terjadi penurunan, namun dalam dua hari terakhir kian meningkat menjadi 138 orang.

 

Satu pasien yang baru saja diketahui terinfeksi virus corona di Banda Aceh ini adalah seorang pria berumur 47 tahun berinisial MS. Ia berprofesi sebagai aparat keamanan. Informasi dikutip dari media lokal, yang memperoleh data dari Direktur Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, dr Azharuddin SpOT, K-Spine FICS di Banda Aceh, Jumat pagi.

 

Menurut Azharuddin, MS dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil swab-nya keluar, Kamis 23 April 2020 sore. Pengambilan spesimen dari tenggorokannya dilakukan pada 17 April 2020. Spesimen swab MS diperiksa di Laboratorium Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) milik Balitbangkes Aceh di kawasan Siron, Kabupaten Aceh Besar. Pagi ini pasien dalam pengawasan (PDP) tersebut sudah dibawa untuk diisolasi dan dirawat di Ruang Respiratory Intensive Curative Unit (RICU) RSUZA.

 

Sebuah sumber menyebutkan, meski MS bertugas di Banda Aceh tapi  ia baru pulang dari Jakarta. Karena ada keluhan sakit pada tenggorokan dan suhu badannya meningkat di atas normal, sehingga dilakukan swab nasofaring dan orofaring. Dan hasilnya ternyata MS positif terinfeksi Covid-19. Dengan demikian, di Aceh sudah delapan orang dinyatakan positif corona.

 

Dari hal tersebut, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta warga untuk terus waspada dalam mengantisipasi diri dari penyebaran virus corona ini.

 

“Kepada seluruh warga kami mengimbau untuk terus berhati-hati, tetap ikuti protolkol kesehatan pencegahan covid ini.” kata Aminullah, Jumat 24 April 2020.

 

Wali Kota meminta seluruh warga Kota Banda Aceh memberi dukungan penuh dalam upaya mencegah penyebaran covid-19. “Untuk seluruh warga kota, tetaplah di rumah. Bersikap dewasa, jangan panik, jangan sebar hoaks. Percaya kepada pemerintah yang akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah penyebaran virus.”

 

Wali kota juga mengimbau warga supaya disiplin memakai masker dalam setiap aktivitas.

 

“Disiplin dalam mengenakan masker adalah dasar pemutusan mata rantai virus tersebut. Maka daripada itu, setiap melakukan aktivitas dan jika sedang berada di luar rumah tetap gunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun seusainya,” demikian Aminullah menutup imbauannya.(Red)