Dinas Koperasi UMKM Aceh Gelar Bimtek Bagi 30 Wirausaha Pemula

Gananews|Aceh Barat-Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) menggelar Bimbingan Teknis dalam Penguatan Kapasitas Bagi Wirausaha Pemula di Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan tersebut digelar selama 2 hari dari tanggal 3 s.d 4 Desember 2022, dengan diikuti 30 Wirausaha Pemula dan diberikan bimtek penguatan kapasitas oleh Diskop UKM Aceh di Eva Sky Hotel – Aceh Barat, Sabtu 3 Desember 2022.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Tarmizi, SP dan UMKM Aceh, Andri Sufrianzah, S.SIP. MM selaku Kasie pelayanan informasi dan usaha pada PLUT KUMKM.

Andri Sufrianzah berharap dengan kegiatan tersebut dapat peningkatan penguatan Kapasitas bagi Wirausaha Pemula di Kabupaten Aceh Barat.

“Tantangan terbesar yang dihadapi UMKM dalam era saat ini adalah kemampuan teknis dan teknologi. Banyak UMKM yang lahir saat ini, akan tetapi belum banyak yang dibekali kemampuan secara teknis,”kata Andri dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, dengan adanya bimbingan teknis tentunya akan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, keuntungan dan efektivitas bagi para pelaku usaha.

Oleh karena itu, kata Andri, Diskop dan UMKM Aceh melalui Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil terus memberikan bimbingan teknis. “Apalagi dalam era industri saat ini, menuntut pelaku UMKM harus memahami, menguasai dan memiliki kemampuan teknis. Penguasaan ini menjadi penting agar usahanya bisa semakin berkembang dan maju,”katanya.

Sementara itu, Tarmizi SP Anggota DPR Aceh dalam sambutannya menyampaikan, bantuan untuk Pelaku Usaha Pemula sebagai upaya bentuk komitmen untuk membuka lapangan kerja, menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan serta inflasi.

“Solusi konkrit untuk membuka lapangan kerja adalah dengan cara menciptakan lapangan kerja fokus pada pemberdayaan UMKM. Nantinya kita berharap mereka akan fokus dan bisa berkembang,”tutupnya. (R)