Tinjau Pos Lebaran, Pj Gubernur: Keselamatan Penumpang Nomor 1

Gananews|Banda Aceh-Suksesnya mudik tidak hanya ditentukan oleh kelaikan Armada, kondisi pengemudi juga menjadi faktor penentu kenyamanan pemudik di perjalanan, karena keselamatan penumpang adalah yang paling utama.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah, kepada awak media, usai meninjau Pos Terpadu Lebaran 2024, bersama Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Niko Fahrizal, dan Kabinda Aceh serta Sekda Aceh Azwardi, di Terminal Terpadu Batoh, Sabtu (6/4/2024) malam.

“Keselamatan penumpang itu nomor satu. Nah Pemerintah tentu harus memastikan semua aspek berjalan baik demi keselamatan para penumpang. Karena itu, selain memastikan seluruh armada laik jalan, para pengemudi juga akan kita pastikan kondisinya sehat serta tentu saja bebas narkoba. Nanti akan kita tes semua pengemudinya,” ujar Gubernur.

Berdasarkan laporan petugas Posko kepada Gubernur, hingga 6 April 2024 ini, seluruh terminal angkutan darat tercatat telah memberangkatkan 5.584 armada dengan jumlah penumpang mencapai 11.509 orang. Dan kedatangan sebanyak 1.377 armada yang mengangkut penumpang sebanyak 5.398 orang.

Sementara itu untuk moda transportasi laut, hingga saat ini sudah memberangkatkan 61 trip perjalanan dengan jumlah penumpang mencapai 9.356 orang.

Sedangkan transportasi udara, untuk kedatangan sudah mencapai 56 trip dengan jumlah penumpang mencapai 4.267 orang. Sama dengan keberangkatan yang juga mencapai 56 trip dengan mengangkut penumpang sebanyak 4.015 orang.

Di Pos Terpadu Lebaran 2024, Gubernur bersama Kapolda dan Pangdam serta Kabinda, menyerahkan bingkisan kepada petugas Pos serta kepada penumpang.

Pada kegiatan tersebut Pj Gubernur turut didampingi Kepala Dinas Perhubungan Aceh T Faisal dan Plh Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh M Gade. []