Gus Muhdlor Ajak Warga Desa, Guyub Rukun Ruwah

Gananews|Sidoarjo-Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengajak kepada warga untuk selalu menjaga keguyuban dan kerukunan salah satunya melalui kegiatan Ruwah Desa yang digelar setiap tahun.

“Ruwah Desa mampu menjadikan warga desa guyub, rukun, dan sejahtera. Untuk itu, nilai-nilai kebudayaan yang saat ini masih kental juga harus tetap dijaga dan rutin dilaksanakan,” katanya saat menghadiri ruwah desa di Desa Jati Alun-alun, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo pada Rabu (1/3).

Pria yang akrab disapa Gus Muhdlor ini mengatakan, pemuda desa dan anak-anak perlu diajak untuk ikut serta dalam tradisi Ruwah Desa supaya generasi muda mengenal tradisi desa.

“Saya berpesan kepada Desa Jati Alun-alun untuk melestarikan adat budaya ruwah desa seperti ini,” ucapnya.

Pihaknya mengatakan, saat ini kearifan lokal atau local wisdom semakin lama semakin memudar seiring berkembangnya zaman.

“Padahal dengan adanya kegiatan seperti ini, esensinya sangat baik, yaitu doa bersama dan tasyakuran bersama. Nah, dengan berkumpul sesama warga seperti ini kan jadi guyub, rukun, tentram. Selain itu, rasa syukur juga harus di tambah untuk lebih menjadikan pribadi yang baik,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala desa jati Alun-alun Abdul Manab meminta kepada Gus Muhdlor membantu pemasangan sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) mengingat di desa tersebut sangat minim lampu PJU.

“Sedikitnya dibutuhkan 20 titik lokasi pemasangan PJU. Kami meminta dengan sangat supaya pak bupati ikut membantu mewujudkan penerangan yang ada di desa kami. Sekali lagi sebanyak 20 titik PJU yang kami butuhkan saat ini,” ucap dia.

Menindaklanjuti permintaan PJU tersebut, Gus Muhdlor langsung mengiyakan permintaan Kepala Desa Jati Alun-alun supaya segera terpasang.

“Pemasangan PJU akan dipasangkan dan terealisasi pada tahun ini nggih pak,” katanya. Anggaran untuk PJU tahun ini akan menunggu perubahan APBD tahun 2023 yaitu antara bulan Agustus-September.

Kegiatan ini juga dihadiri juga oleh Forkopimka Prambon, Kepala Desa Jati Alun-alun, dan Camat Prambon (NitWyn)