Dinas Sosial Meningkatkan Keterampilan Kerja Bagi Disabilitas di Aceh

Gananews|Banda Aceh-Dinas Sosial Pemerintah Aceh terus berupaya melalui berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kerja bagi kelompok disabilitas di daerah Tanah Rencong itu, guna menambah angkatan kerja atau berwirausaha.

“Beberapa hari lalu kami memberikan pelatihan bagi 16 orang penyandang disabilitas di Pidie Jaya, dengan kerjasama (BPVP, red) ini, kami akan menyasar daerah-daerah lain,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh, Muslem Yacob, Selasa (7/5/2024) .

Ia menjelaskan, pelatihan peningkatan keterampilan kerja bagi penyandang disabilitas tersebut bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Di Pidie Jaya, kata dia, termasuk memberikan pelatihan menjahit bagi kelompok penyandang disabilitas, dengan harapan di masa depan mereka memiliki keterampilan yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan.

“Kemarin melatih keterampilan menjahit bagi ibu-ibu yang memiliki kekurangan secara fisik, sehingga memiliki keterampilan,” ujarnya.

Saat ini, Muslem menambahkan, pemerintah membuka peluang kerja sebesar-besar bagi kelompok penyandang disabilitas, baik di Aceh maupun nasional. Setiap perusahaan swasta maupun pemerintah juga memiliki kuota khusus untuk menerima tenaga kerja dari penyandang disabilitas.

Kendati demikian, lanjut Muslem, berencana mengadakan pelatihan tersebut tidak hanya bertujuan agar penyandang disabilitas dapat bekerja sebagai karyawan, tetapi juga bisa lebih mandiri dengan membuka lapangan usaha secara mandiri.

“Jadi kita membuka ruang kepada mereka seluas-luasnya, bukan hanya satu tempat, tapi mereka bisa bekerja di rumah, dimana bekerja sehingga kita meningkatkan keterampilan,” ujarnya.

Walaupun secara fisik cacat, namun secara mental mereka tidak cacat, misalnya ada ahli IT, desainer, ini yang luar biasa. “Kita gali potensi mereka,” ujarnya.[]