oleh

Dihari HAS 2020, UPTD Puskesmas Meuraxa Resmi Buka Pelayanan Pasien HIV/AIDS

GANANEWS | Banda Aceh – Dinas Kesehatan Provinsi Aceh memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2020, yang diselengarakan secara daring di 34 Provinsi se-Indonesia secara nasional dengan tema memperkuat kolaborasi, tingkatkan solidaritas 10 tahun menuju AIDS 2030, yang digelar di UPTD Puskesmas Meuraxa Kota Banda Aceh, Selasa  01 Desember 2020.

Kepala UPTD Puskesmas Meuraxa, Zairina SKM, M.Kes menyebut, peringatan HAS yang dilaksanakan se-Indonesia berjalan dengan lancar dimana kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring.

“Alhamdulillah peringatan HAS 2020 se-Indonesia secara daring berjalan dengan lancar,”kata Zairina.

Dalam memperingati HAS, Dinkes Aceh menunjuk UPTD Puskesmas Meuraxa sebagai lokasi peringatan HAS 2020. “Untuk acara HAS tahun 2020, Puskesmas Meuraxa terpilih sebagai tempat lokasi pelaksanaan HAS secara daring,”ungkapnya.

Kepala UPTD Puskesmas Meuraxa menyebut, petugas puskesmas juga sudah dilatih untuk pencegahan dan penanganan pasien HIV/AIDS.

“Alat dan fasilitas sudah tersedia, terlebih untuk pusat pelayanan HIV ada dua Puskesmas diantaranya, UPTD Puskesmas Meuraxa dan UPTD Puskesmas Kuta Alam, dan untuk pelayanan sudah dapat dilakukan,”sebut Kepala UPTD Puskesmas Meuraxa.

“Alhamdulillah UPTD Puskesmas Meuraxa sudah dapat melakukan pemeriksaan HIV hingga tahap pengobatan,”jelas Kepala UPTD Puskesmas Meuraxa, Zairina.

Dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS, Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak malu dan takut melapor kepetugas kesehatan dan berobat ke Puskesmas.

“jika ada yang mengalami gejala HIV/AIDS, jangan takut melapor ke petugas kesehatan, dan kami berharap kepada semua Stackholder besinergi bersama dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS, terutama di Kota Banda Aceh dan di Aceh pada umumnya,”demikian tutup Zairina, Kepala UPTD Puskesmas Meuraxa.

Diketahui, dalam acara HAS 2020 tersebut, Dinkes Aceh juga  melaksanakan pemeriksaan terhadap 30 orang peserta ibu hamil di UPTD Puskesmas Meuraxa. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *