Anggota DPRA Dapil VIII, Minta Panitia PON 2024 Bijak Putuskan Pemindahan Venue Arung Jeram

Gananews|Banda Aceh-Anggota DPRA asal Tanah Alas Nurdiansyah Alasta, berkeyakinan Pj gubenur Aceh, KONI, PB FAJI dan panitia Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumut-Aceh tidak gegabah untuk memindahkan venue Arung Jeram yang sudah ditetapkan di Aceh Tenggara ke Pidie.

“Saya Tidak yakin wacana pemindahan Venue Arung Jeram PON 2024 ke Pidie,” kata Nurdiansyah Alasta pada media, Kamis (13/7/2023).

Ketua Fraksi Partai Demokrat itu menyebut, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, KONI Aceh dan panitia PON pasti bisa bijaksana dalam memutuskan venue PON ini tetap di Aceh Tenggara, karena untuk cabang olah raga ini memang sungai Alas di Ketambe sudah dikenal mendunia untuk olah raga Arung Jeram.

“Saya pikir Pak Pj Gubernur Aceh dan Panitia PON bisa lebih bijaksana dan tetap tidak memindahkan pelaksanaan Cabor PON dari Aceh Tenggara ke Pidie,” ujar Nurdiansyah.

“Apalagi secara Internasional venue arung jeram Aceh Tenggara sudah diakui dan teruji,” jelas Nurdiansyah.

Untuk itu – kata Nurdiansyah – pihak-pihak yang ikut merekomendasi pemindahan sepihak venue Cabor Arung Jeram dari Sungai Alas agar mencabut dukungan, mengingat sungai Alas tidak dapat terpisah dari Cabor Arung Jeram ini.

Sebelumnya Pj Gubernur Aceh mengeluarkan SK Nomor: 426.2/990/2022 menunjuk Sungai Alas sebagai tuan rumah venue Cabor Arung Jeram untuk PON 2024 Aceh – Sumut.

Sungai Alas Aceh Tenggara memang dikenal sebagai tempat arung jeram paling berkualitas. Disitu pernah digelar event-event setingkat Nasional dan Internasional seperti Kejuaraan Arung Jeram Sungai Alas. Alas River Race Internasional, Alas River Race Tahun 2016, Aceh Internasional Rafting Championship Tahun 2017, Aceh Internasional Rafting Championship , Alas River Rafting Championship II dan Alas River Rafting Championship.(##)