Warga Temukan Ikan Air Tawar Terbesar

Gananews| Nasional-Sungai Mekong di Kamboja, yang merupakan sungal terpanjang ketiga di Asia, disebut sebagai habitat berbagai ikan raksasa tak Cuma ikan pari air tawar.

Panjang Mekong diperkirakan mencapai 4,9 kilometer dan mengalir di area seluas 795 ribu kilometer persegi. Hal itu menempatkan di urutan ke-12 sungai terpanjang di dunia sekaligus menjadi sungai lintas batas di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Menurut River Commission, pada 24 Juni 2022 mengatakan, Sungai Mekong memiliki populasi ikan paling beragam ketiga di dunia, meskipun penangkapan ikan yang berlebihan, polusi, intrusi air asin, dan penipisan sedimen telah menyebabkan stok ikan menurun drastis, Termasuk megafauna atau ikan-ikan berukuran raksasa hidup di sungai tersebut.

Contoh terbaru, salah satu terjadi penangkapan ikan pari raksasa yang tak sengaja terjerat jaring nelayan di Koh Preah, sebuah pulau di Sungai Mekong, pekan lalu.

Seperti dilansir CNN, Ikan pari tersebut memiliki berat 300 kg yang hampir seberat beruang kutub dan panjang lebih dari 4 meter, Ikan pari raksasa air tawar ini juga memecahkan rekor ikan air tawar terbesar sebelumnya, yaitu lele raksasa seberat 293 kg yang ditangkap di hulu sungal di Thailand Utara pada 2005 lalu.

“Ini adalah bentangan sungai yang sangat sehat dengan kedalaman hingga 90 meter,” kata Hogan, seorang ahli biologi ikan yang menjadi pembawa acara serial televisi ‘Monster Fish’ National Geographic dilansir Live Science.

“Kami mulai berfokus pada area ini sebagai bentangan sungal yang sangat penting bagi keanekaragaman hayati dan perikanan, dan sebagian tempat perlindungan tera <span;>Peristiwa ini penangkapan dan pelepasan ikan pari raksasa ketiga dalam dua bulan terakhir.

Ketiga ikan pari, termasuk yang beratnya 180 kg yang ditangkap pada Mel, berjenis kelamin betina.

Hal ini dinilai membuka peluang bahwa bentangan Sungai Mekong merupakan habitat ikan pari untuk bertelur dan membesarkan anak anaknya.

Ini bukan pertama kali ditemukan megafauna la <span;>ditemukan megafauna laut di Sungai Mekong. Tercatat ada empat jenis ikan raksasa lain yang pernah ditemukan di Sungai Mekong, selain Ikan Pari raksasa, Berikut 4 megafauna yang ditemukan di Sungai Mekong dilansir World Wide Fund for Nature,”(#$)