Wali Kota Banda Aceh Salurkan Zakat Senif Fisabilillah Rp 3 Miliar untuk 2.645 Penerima

Gananews|Banda Aceh-Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengalirkan zakat bagi senif fisabilillah senilai Rp 3 miliar untuk 2.646 penerima.

Prosesi penyerahan zakat yang dihimpun melalui Baitul Mal Banda Aceh itu digelar di halaman pendopo, Selasa 15/122020.

Dana zakat tersebut diperuntukkan bagi 268 kelompok majelis taklim, 180 kader tajhiz mayit, dan operasional bagi 125 meunasah atau mushala.

Selain itu juga diberikan dalam bentuk beasiswa bagi 991 siswa SD / MIN, 994 siswa SMP / MTs, dan 87 siswa SMA / MA se-Banda Aceh.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Banda Aceh Wahyudi mengatakan, total nilai zakat yang disalurkan kali ini mencapai Rp 3 miliar.

“Rinciannya, masing-masing kita memberikan Rp 2,5 juta bagi majelis taklim dan kader tajhiz mayit, serta Rp 3 juta untuk operasional musala.”

“Kemudian beasiswa untuk per siswa SD, SMP, dan SMA sederajat kita berikan Rp 600 ribu, Rp 700 ribu, dan Rp 800. Dana tersebut kita transfer langsung ke rekening masing-masing. Semoga dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, ”ujar Wahyudi dalam laporannya kepada wali kota.

Wali Kota Aminullah mengapresiasi Baitul Mal Banda Aceh karena jumlah zakat yang disalurkan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

“Ini membuktikan bahwa kinerja baitul mal kita kian membaik dan tidak percaya oleh masyarakat,” katanya pada acara yang turut dihadiri oleh Kepala Baitul Mal Asqalani dan jajaran.

Ia juga berharap ke depan akan lebih banyak lagi muzakki yang menyetorkan zakatnya ke Baitul Mal Banda Aceh. “Insya Allah, dana zakatnya akan dikelola secara transparan dan saya sendiri ikut langsung hingga proses penyalurannya kepada yang berhak,” katanya.

Katanya lagi, semakin banyak zakat yang terhimpun maka akan semakin banyak pula warga yang membutuhkan yang dapat dibantu.

“Dengan begitu, kita semua ikut berkontribusi dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pengangguran yang masih tersisa di Banda Aceh,” ujar Aminullah.

Khairunnisak, siswi SMPN 1 Banda Aceh yang menjadi salah satu penerima beasiswa, terima kasih kepada wali kota dan baitul mal.

“Beasiswa ini sangat berguna bagi saya dan kawan-kawan untuk keperluan sekolah. Terima kasih Pak Wali dan pihak baitul yang telah membantu kami. Semoga dibalas pahala memeriksa dari Allah SWT, ”katanya. (R)