Temui LPDS Dewan Pers di Jakarta, Forum Komunitas Wartawan Aceh Siap Gelar Tes UKW

Gananews|Jakarta-Forum Komunitas Wartawan Aceh (FKWA) telah menemui Lembaga Pers Dr.Soetomo (LPDS) Dewan Pers terkait pelaksanaan Tes Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk jenjang MUDA dan MADYA bagi wartawan di Aceh.

Rombongan dipimpin oleh Ketua FKWA, Zulfikar, S.Pd didampingi Wakil Ketua, Dahlan.Za, Bendahara, Said Saiful dan Anggota, Syarkawi.Kehadiran mereka disana disambut langsung Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr.Soetomo, Hendrayana.

Pertemuan sekitar dua jam itu berlangsung dalam suasana hangat, di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jalan Kebon Sirih, No 32-34,RW.2 Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 10110, Kamis 3 /12/2020.

Zulfikar mengatakan. Meski belum bisa memastikan jadwal pelaksanaannya, pihaknya siap menggelar tes UKW di Aceh dalam waktu dekat karena telah mendapatkan restu dari pihak LPDS.

“Kita telah menemui pihak LPDS. Dan, mereka sangat antusias melaksanakan tes UKW di Aceh. Mereka mengaku kapan pun siap ke Aceh,” tegas Zulfikar.

Menurut Zulfikar, pihaknya tetap merencanakan tes UKW akan digelar dipenghujung tahun ini. Namun, semua rencana bisa berubah, mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid 19.

Zulfikar menjelaskan, menurut keterangan dari pihak LPDS, pelaksanaan tes UKW tidak mesti dilakukan oleh organisasi seperti PWI atau AJI dan organisasi kewartawanan lainnya.

Sepanjang media tersebut memiliki perusahaan atau mempunyai badan hukum, maka wartawannya dibolehkan mengikuti tes UKW.

“Yang terpenting, wartawan tersebut terdaftar sebagai wartawan yang medianya sudah terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Dan, untuk mendaftar media agar diverifikasi secara administrasi tidak mesti Pimrednya UTAMA. Yang penting punya BADAN HUMUM,” ujar Zulfikar.

Terkait dengan kesiapan pelaksanaannya, menurut Zulfikar sangat tergantung dengan sumbangan dana dari para donatur. Hingga kini, beberapa perusahaan besar telah menyatakan siap memberikan sokongan dana untuk kegiatan tersebut.

“Secara administrasi kita sudah siap 100 persen. Tinggal kita tunggu realisasi anggarannya saja. Kita tetap yakin dan berusaha agar dilaksanakan tahun ini,” harap Pemilik Media Online FANEWS.ID itu.(R)