oleh

Sejumlah Lembaga dan Insan Penyiaran Bakal Terima Anugerah KPI Aceh

Gananews|Banda Aceh-Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh bersiap menyelenggarakan pemberian anugerah “KPI Aceh Award 2022” bagi lembaga dan insan penyiaran di Aceh.

Anugerah KPI Aceh 2022 ini merupakan agenda perdana KPI Aceh guna  melihat perkembangan industri  penyiaran di  Aceh.

Anugerah ini  menjadi  bagian dari penilai KPI  Aceh terhadap proses kreatif dari  creator yang  bekerja di lembaga penyiaran.

Sekaligus sebagai bagian dari pertimbangan administratif dalam melakukan evaluasi lembaga penyiaran. Informasi ini disampaikan ketua KPI Aceh Faisal Ilyas, Kamis (20/10/2022).

Faisal Ilyas menjelaskan, Anugerah   KPI    Aceh tahun 2022   ini bertemakan “Aceh Bicara Baik” mengapresiasi  hasil  karya insan   kreatif dunia penyiaran, telah  menyuguhkan tayangan yang  mampu menjaga dan  meningkatkan moralitas dan  nilai –  nilai kearifan lokal.

Serta mampu  meningkatkan perekonomian masyarakat guna mewujudkan pemerataan, memperkuat daya   saing bangsa dalam era globalisasi dan ikut membangun iklim  persaingan yang sehat antar lembaga penyiaran dan  industri terkait.

Arus  digitalisasi penyiaran yang semakin deras harusnya menjadi penyeimbang informasi   dalam  industri   penyiaran. Kehadirannya untuk   mempersatukan bangsa dan mempertahankan  nilai-nilai  kearifan  lokal, agama dan budaya dalam bingkai NKRI.

“Sasaran Anugerah PI Aceh adalah untuk apresiasi Lembaga Penyiaran Televisi dan  Radio di Provinsi Aceh. Dan tujuan kita yaitu untuk  mengevaluasi  lembaga-lembaga penyiaran dengan  memberikan penghargaan pada program program siaran di  televisi dan radio yang  inspiratif dan berkualitas, “ ujar Faisal Ilyas didampingi Wakil Ketua Acik Nova.

Faisal Ilyas juga mengatakan, melalui pemberian anugera ini, diharapkan dapat memacu persaingan antar lembaga penyiaran untuk  menumbuhkan industri penyiaran Indonesia yang sehat.

Selain itu juga diharapkan dapat mendorong lembaga penyiaran mampu  memproduksi  dan menyiarkan  program siaran yang dapat membentuk karakter bangsa dan kearifan lokal yang  berlandaskan syariat Islam.

Serta meningkatkan kesadaran lembaga penyiaran  untuk  menyuguhkan program  siaran yang  mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara itu, katanya lagi menambahkan, penilaian program siaran sesuai  dengan kategori yang  dinilai. Penilaian ini kata Faisal Ilyas dilakukan oleh tim juri yang  sudah ditunjuk sesuai dengan kapasitas dan kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Komisioner KPI Aceh bidang pengawasan isi siara, Teuku Zulkhairi mengatakan, kegiatan puncak pemberian Anugerah KPI Aceh  2022 akan  dilangsungkan pada Jum’at malam, tanggal  21 Oktober 2022 di Hotel  Hermes Palace, Kota  Banda  Aceh.

Adapun yang menjadi kategori penilaian bagi Televisi adalah  Program Talkshow Berita, Program Talkshow Non Berita, Program Bahasa  Lokal Aceh, Program Berita / Jurnalistik, Program Peduli Anak dan Perempuan, Program Peduli Syiar  Islam, Program Peduli Pendidikan dan Layanan Masyarakat.

Sementara itu, kategori untuk Radio yaitu Program Talkshow Berita, Program Sia ran Berbahasa Aceh, Program Peduli  Anak dan Perempuan, Program Peduli  Syiar  Islam, Program Wisata  Budaya lklan Layanan Masyarakat, Program Khusus  Radio, Perbatasan dan  Daerah Tertinggal serta Penyiar Radio Non Berita. (R)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *