oleh

Rakor Satgas Stunting, Plt Sekda Gayo Lues Berharap Kasus Stunting Dapat Menurun

Gananews|Gayo Lues-Plt Sekretaris Daerah H Irwansyah hadiri rapat koordinasi satuan tugas (satgas) percepatan penurunan stunting Aceh bersama TNI, IBI dan TP-PKK Kabupaten Gayo Lues di The Legen Hotel. Rabu (23/11/2022).

Dandim 0113/ Gayo Lues Letkol Inf Krismanto, S.Pd melalui Kapten Inf Fazrul Azwar mengatakan, stunting merupakan masalah nasional. Jadi, untuk menanganinya perlu kolaborasi dari semua pihak untuk menekan angka stunting di Kabupaten Gayo Lues ini,”katanya.

Ia mengatakan, jika membahas perihal stunting maka kita juga perlu membahas tentang asupan gizi anak dan ibu hamil pastinya dibutuhkan biaya nya jadi faktor ekonomi yang rendah biasanya menjadi salah satu penyebab stunting,”katanya.

Untuk menekan angka stunting ini,TNI sendiri sudah melakukan upaya-upaya seperti penanaman padi dan sayur sayuran serta mendirikan Rumah Pangan Lestari (RPL) hasil panen kita bagikan buat masyarakat yang anaknya Stunting maupun yang memiliki ekonomi rendah,”ungkap Krismanto.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Drs Sahidal Kastri, M, Pd, mengatakan, Kegiatan ini dilakukan dalam rangka bagaimana upaya mempercepat penurunan stunting di Indonesia, di Aceh khususnya di Kabupaten Gayo Lues.

“Laporan sementara kepada kami dari hasil SSGI Tahun 2022 belum dikeluarkan secara resmi, katanya kasus stunting di Aceh mulai turun. Tapi, belum tahu turunnya berapa”tutur sahidal kastri

Ia berharap, dengan turunnya angka stunting di Aceh ini, Kabupaten Gayo Lues bisa berkontribusi paling besar dalam penurunan stunting ini.

Plt Sekretaris Daerah H Irwansyah mengatakan, untuk menurunkan stunting pemerintah daerah telah memiliki program yang melibatkan unsur Forkopimda dan SKPK termasuk anggota DPRK juga.

“Semuanya wajib menjadi orang tua asuh  bagi anak yg ada gejala Stunting atau Stunting di setiap kampung.Juga, turun kelapangan untuk memberikan pemahaman perihal stunting. Insyaallah jika berjalan dengan baik maka penurunan stunting di Gayo Lues akan tercapai,”katanya.

Lebih lanjut Dandim 0113/Gayo Lues juga memiliki program yaitu “nentong sudere” ke setiap kecamatan dan akan diberikan penyuluhan perihal stunting juga.

“Dari Kapolres Gayo Lues juga memiliki program yaitu “Curhat Jumat” dimana nanti Kapolres turun ke kampung-kampung mengumpulkan masyarakat dan mendengarkan keluhan serta masukan dari masyarakat,”katanya.

Katanya, hal ini sangat membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah yang ada di Kabupaten Gayo Lues.

“Alhamdulillah atas dukungan semua pihak, kami yakin dan percaya angka stunting di Kabupaten Gayo Lues dapat diturunkan. Karena kami yakin, pendampingan yang tidak maksimal maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Sedangkan dengan pendampingan maksimal akan memberikan hasil maksimal,”katanya.

Ia berharap, satgas yang telah dibentuk ini akan berkelanjutan dan setelah adanya tim satgas ini, masyarakat jadi bisa cepat paham dan kasus stunting di Gayo Lues nanti benar-benar turun drastis.(##)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *