Pelabuhan Penyebrangan Ulee Lheue Terapkan Pembayaran Elektronik

GANANEWS.COM,Banda Aceh| Pelabuhan penyebrangan Ulee Lheue yang melayani kapal feri dan kapal cepat lintas Banda Aceh-Sabang akan sepenuhnya menerapkan elektronifikasi transaksi keuangan, atau pembayaran non tunai disetiap pelayanannya.

Selama enam bulan terakhir, telah diberlakukan masa uji coba pada layanan perparkiran dan berjalan sukses. Selanjutnya, pembayaran digital juga akan diterapkan untuk pembelian tiket kapal dan transaksi di setiap gerai yang ada di pelabuhan. Hal tersebut mengemuka dalam rapat evaluasi penerapan elektronifikasi Pelabuhan Ulee Lheue yang digelar melalui video conference, Jumat 14 Agustus 2020.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman saat mengikuti rapat diruang media center di balai Kota, yang turut dihadiri Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh Zainal Arifin Lubis dan unsur perbankan lainnya serta dinas terkait.

Secara khusus, Aminullah menyampaikan apreasiasi dan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah menginisiasi program elektronifikasi keuangan di Pelabuhan Ulee Lheue. “Ditengah situasi pandemi Covid-19 sekalipun, perhatian BI tak pernah kendur untuk kemajuan Banda Aceh,”ucap Aminullah

Menurut Aminullah, elektronifikasi keuangan akan menunjang program smart city Banda Aceh. “Selain di pelabuhan, kita juga sedang menyiapkan sistem perparkiran digital, salah satunya di Jalan Diponegoro, depan Pasar Aceh. Insyaallah mulai September,”ungkapnya.

“Pembayaran non tunai akan meminimalkan penggunaan uang kertas yang berisiko menularkan virus Corona seperti saat ini. Selain itu, kita yakin penerimaan PAD kota juga akan turut meningkat,”Jelasnya lagi

Banda Aceh pun sebut Aminullah, siap menjadi pelopor elektronifikasi transaksi keuangan di Aceh. “Tadi seperti disampaikan Pak Zainal Kepala BI, Transaksi non tunai masih sangat rendah di Aceh. Untuk itu, kami menyukseskan program-program yang digagas oleh BI, termasuk memasyarakatkan penggunaan QRIS -standarisasi pembayaran dengan metode QR Code dari BI,”Demikian tutup  Aminullah. (Red)