oleh

Menteri PUPR Tinjau Bendungan Rukoh

Gananews|Pidie – Panglima Kodam IM Mayjen TNI Mohamad Hasan mendampingi Menteri PUPR RI Dr. (H.C.) Ir. H. M. Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., P.Hd. dalam kunjungan kerjanya di Aceh, dalam rangka meninjau perkembangan pembangunan Bendungan Rukoh yang berlokasi di Desa Alue, Kec. Titue Keumala Kab. Pidie, Rabu 19/10/22.

Bendungan Rukoh merupakan sasaran kedua yang ditinjau langsung oleh Menteri PUPR, setelah sehari sebelumnya Menteri PUPR mengunjungi wilayah Aceh Utara, dalam rangka meninjau pernaikan titik-titik tanggul penahan banjir yang jebol di sepanjang Sungai Keureuto, untuk menahan banjir yang kerap terjadi di Kab. Aceh Utara dan Aceh Timur.

Menteri PUPR didampingi Pangdam IM dan beberapa pejabat terkait menerima pemaparan perkembangan pembangunan Bendungan Rukoh dan meninjau ke lapangan secara langsung untuk memberikan arahan-arahan terkait proyek yang direncanakan rampung pada tahun 2023 tersebut.

“Pembangunan Bendungan Rukoh telah memasuki tahap pertengahan dengan progres 60% dan dijadwalkan selesai sesuai kontrak pada Desember 2023,” ungkap Menteri PUPR yang juga mengsintruksikan proyek tersebut untuk terus dilakukan penyempurnaan konstruksi bendungan, terutama bagian terowongan (outlet).

Pada kesempatan itu, Menteri PUPR juga memberikan semangat dan motivasi kepada para stakeholder terkait. “Saya yakin sistem Tiro-Rukoh akan bermanfaat utamanya untuk pengendalian banjir dan irigasi. Oleh sebab itu para pihak terkait agar dapat menyelesaikan secepatnya, serta utamakan kualitas, estetika dan lingkungan. Yakin pasti bisa!”, ucap Menteri Basoeki.

Lebih Lanjut dirinya juga menginstruksikan untuk dilakukan perapian material proyek, khususnya sisa batu pada timbunan bendungan utama, serta penanaman ribuan pohon rambutan, mangga, jambu dan bambu di sepanjang jalan lanskap bendungan.

Selanjutnya Menteri PUPR yang didampingi Pangdam IM beserta rombongan bergerak menuju ke lokasi Pembangunan IPA SPAM IKK Garot, yaitu tempat penampungan dan pengolahan air minum yang berlokasi di Desa Garot, Kec. Indra Jaya, Kab. Pidie yang juga dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Setelah melaksanakan peninjauan, Menteri PUPR lalu menyerahkan IPA SPAM IKK Garot kepada Pj. Bupati Pidie untuk dijadikan sebagai aset Pemda Pidie.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI Ir. Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja, S.T, M.Sc, DEA., Pj Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Mawardi, Danrem 011/LW Kolonel Inf Bayu Permana, Pj. Bupati Pidie Ir H. Wahyudi Adisiswanto, M.Si. beserta unsur Forkopimda Kab. Pidie, serta beberapa pejabat dan tamu undangan lainnya,”(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *