Luar Biasa, PLTU 1-2 Nagan Raya Uji Coba Co-Firing Dengan Cangkang Sawit

GANANEWS-Nagan Raya| Dalam mendorong pemanfaatan energi salah satu cara ialah mengurangi pemakaian batubara pada PLTU dan menggantikan dengan Co-firing, yaitu menggunakan limbah.

Pada program pemerintah bersama PT. PLN (Persero) yang terus mendorong uji coba Co-Firing pada sejumlah PLTU dengan memanfaatkan limbah, metode ini guna mengurangi penggunaan batubara yang menjadi sumber energi primer pada PLTU yang ada di Indonesia pada umumnya.

Manager UPK PLTU 1-2 Kabupaten Nagan Raya, Harmanto yang didampingi Fajar Pamujianto, Manager Engineering, Ruslan Efendi, Manager KSA, Zainuddin, Manajer pemeliharaan UIKSBU dan Mulkan Iskandar, Manager pembagian Pemeliharaan kepada media mengatakan, Co-Firing ialah program Pemerintah khususnya PLTU 1-2 dan sudah dilakukan uji coba dengan bahan baku yang diperoleh dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Nagan Raya.

“Co-Firing atau limbah cangkang buah sawit mudah kita dapatkan, karena banyaknya PKS dan luasnya perkebunan sawit sehingga mudah kita dapatkan bahan baku tersebut”Kata Manager PLTU Unit 1-2, Harmanto. Sabtu 17 Oktober 2020.

Ia menyebutkan, Co-Firing sebagai program pemerintah dengan PT. PLN (persero).

“PT. PLN unit pelaksana pembangkit PLTU 1-2 Nagan Raya sudah melakukan uji coba dengan melakukan pencampuran limbah cangkang buah sawit dengan batubara, bila ujicoba ini berhasil maka kita akan menggunakan limbah cangkang buah sawit sepenuhnya tanpa ada campuran dengan bahan baku lain, akan tetapi untuk tahap pertama ini kita gunakan bahan baku limbah cangkang sawit sebanyak 150 Ton saja,”Sebut Harmanto

Selain itu, Hermanto juga mendukung dengan adanya program Pemerintah tersebut. “Bila ini berhasil akan mengurangi bahan bakar yang berasal dari batubara yang nilai harganya mahal, sedangkan limbah cangkang sangat terjangkau harga dan dengan adanya program pemerintah pada ujicoba “Co-Firing” mudah-mudahan ini bisa berhasil,”Demikian Tutup Manager UPK Nagan Raya, Harmanto.

Penulis: Mursalin