Hadiri Wisuda Ponpes Al Mustafa Muncar, Kapolresta Banyuwangi Berikan Penyuluhan Kenakalan Remaja

Gananews – Banyuwangi | Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa menghadiri acara wisuda sejumlah lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Al Mustafa Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar, Senin (5/6/2023).

Orang nomor satu di Korps Bhayangkara Bumi Blambangan tersebut memberi wejangan kepada generasi penerus bangsa agar terhindar dari kenakalan remaja.

Menurutnya, remaja adalah fase dimana seorang anak tumbuh menjadi dewasa. Dalam fase inilah para anak memiliki gejolak emosi meningkat secara drastis dan cenderung meledak-ledak.

“Para remaja memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Mereka rela melakukan apapun hanya untuk ingin merasakan dan memuaskan rasa ingin tahu mereka,” ujarnya.

Dengan fisik yang sama dengan orang dewasa tetapi para remaja ini memiliki pemahaman dan emosional yang masih anak-anak. Para remaja kerap kali melakukan kesalahan. Kesalahan inilah yang dikatakan dengan kenakalan remaja. Tak jarang para remaja melakukan tindakan kekerasan, pelecehan, dan bahkan pencurian.

“Faktor kenakalan remaja ini dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal,” kata Kapolresta.

“Faktor internal ini dari manusianya atau anak-anaknya itu sendiri serta faktor eksternal dari orang tua lingkungan maupun teman pergaulan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Kapolresta, faktor internal ini sendiri juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. “Oleh karena itu pertama-tama yang saya benahi di Banyuwangi adalah memperbaiki faktor keturunan melalui kegiatan isbat nikah, supaya mendapatkan keturunan yang jelas,” ujarnya.

Meski begitu, kata Kapolresta, banyak kenakalan anak-anak maupun remaja dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Untuk itu, perlu peran aktif orang tua untuk memperhatikan buah hatinya.

Kapolresta pun berharap kegiatan pembinaan dan penyuluhan kenakalan remaja ini bersama-sama dilaksanakan oleh seluruh komponen masyarakat, baik Polisi, TNI, guru, wali murid, menyerukan kepada anak-anak dan peserta didik.

“Semoga Banyuwangi menjadi lumbung generasi penerus bangsa yang bermanfaat khususnya bagi Banyuwangi, serta negara, bangsa dan agama secara luas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasat Binmas Kompol Toni Irawan, S.H,.M.H. ; Kapolsek Muncar Kompol Imron ; Anggota DPRD Banyuwangi sekaligus pembina ponpes Al Mustafa, Ali Mustofa; Ketua PC LKKNU Dr ANA ANIYATI, MPdi ; Pengasuh Pondok al Mustafa Kyai Ubaidil Baidowi, Lc .

 

Ari