Gempa Bumi M 7.4 di Turki, Belum ada Laporan Korban WNI

Gananews《 Turki- Telah terjadi gempa bumi M 7.4 di selatan Turki di prov Kahramanmaras, Gaziantep dan Osmaniye pada pukul 04.17 ws (08.17 wib). Pusat gempa di provinsi Kahramanmaras (+/- 600 km sebelah tenggara Ankara).

Sampai saat ini dilaporkan 51 korban jiwa, ratusan terluka, dan sejumlah bangunan yang runtuh dan rusak berat.

KBRI Ankara telah berkoordinasi dengan Otoritas lokal di Daerah tersebut, Satgas Perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi.

Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal Dunia, Sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan parah.

KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.

Informasi yang di himpun sampai saat ini ada tiga orang WNI mengalami luka, 1 orang di Kahramanmaras dan 2 orang di Hatay, saat ini sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Presiden Erdogan telah berkomunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras; sampaikan pesan duka kepada masyarakat terdampak Gempa bumi.

Dia minta untuk di infokan  telah mengerahkan tim SAR dari seluruh Turki.

Mendagri Suleyman Soylu sampaikan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat masyarakat terdampak.

Mengingat kerusakan yang sangat subtansial, diperkirakan jumlah korban jiwa akan terus bertambah.

KBRI Ankara akan terus berkoordinasi dengan otoritas lokal, Satgas Perlindungan WNI serta masyarakat Indonesia di wilayah terdampak .

Terdapat sekitar 6500 WNI yang terdata tinggal di seluruh Turki. Dari jumlah tersebut terdapat sekitar 500 orang tinggal di area gempa dan sekitarnya. Sebagian besar berstatus pelajar dan mahasiswa dan sebagian lainnya adalah WNI yang menikah dengan warga setempat serta pekerja di organisasi internasional.

Jika ada yang inin menghubungi bisa melalui Hotline KBRI  indonesia di Ankara turki dengan No. +90 532 135 22 98.”(**)