oleh

Dinas Pendidikan Dayah Aceh Distribusikan Ribuan Masker Ke Sekolah di Aceh Tamiang

GANANEWS|Aceh Tamiang Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh menyerahkan bantuan masker untuk para siswa dan guru yang tersebar di berbagai sekolah di Kabupaten Aceh Tamiang. Bantuan masker tersebut terdiri dari masker kain sebanyak 68.931 lembar dan masker medis sebanyak 9.902 lembar.

Selain itu turut diberikan brosur seruan memakai masker sebanyak 74.520 lembar dan spanduk seruan memakai masker sebanyak 325 lembar.

FB-IMG-1653916326685

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny yang memimpin rombongan saat menyerahkan masker kain dan siswa diperuntukkan bagi siswa,guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Aceh Tamiang.

Adapun sasaran program Gebrak Masker (Gemas) sesuai dengan data Dapodik dan Emis adalah sebanyak 325 sekolah, 65.564 siswa, 2.148 rombongan belajar dan 4.951 guru.

Khusus wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, terdiri dari 227 sekolah dibawah kewenangan kabupaten/kota yaitu 169 SD dan 58 SMP. Kewenangan Kemenag sebanyak 61 Madrasah yaitu 21 Madrasah Ibtidaiyah, 24 MTs dan 14 Madrasah Tsanawiyah. Selanjutnya kewenangan Pemerintah Aceh sebanyak 37 sekolah, yaitu 27 SMA, 9 SMK dan 1 SLB.

“Mewakili Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, kita turut memberikan masker yang menyasar dunia pendidikan, khususnya pelajar dan guru di Kabupaten Aceh Tamiang,”kata Usamah El Madny pada Rabu 02 Desember 2020.

Usamah mengatakan, ancaman penyebaran Covid-19 sampai sekarang masih ada di setiap aktifitas masyarakat Aceh.

​​​​​​​Adapun masker yang diserahkan tersebut bersumber dari BNPB sebanyak 95% dan 5% dari Kementerian Kesehatan. Meski penanganan Covid-19 di Aceh sudah berjalan cukup baik, namun masyarakat diminta tidak boleh lengah. Sebab dari hari ke hari warga Aceh yang terinfeksi virus corona masih terus bertambah. Oleh sebab itu, Pemerintah Aceh Aceh menjalankan banyak program guna mengantisipasi dampak Covid-19.

“Oleh sebab itu, sosialisasi tentang protokol kesehatan harus terus ditingkatkan. Langkah ini dinilai sangat penting, sebab pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tapi juga mengganggu sektor-sektor lainnya,”kata Usamah El Madny.

Sementara itu, upaya pencegahan Covid-19 terus dilakukan oleh Pemerintah Aceh. Menurutnya, terobosan baru harus terus dilakukan untuk bisa menekan dampak Covid-19 hingga ke titik terendah. Salah satu terobosan itu adalah menjalankan Gerakan Masker Sekolah atau GEMAS.

Kegiatan ini akan menyasar dunia pendidikan, khususnya pelajar dan guru di seluruh Aceh. Apalagi direncanakan sistem belajar tatap muka akan dimulai Januari mendatang.

Adapun kegiatan GEMAS ini bertujuan untuk pembelajaran tentang Pencegahan Covid-19 melalui Wali Kelas dengan modul yang sama, dan praktek penggunaan masker kepada siswa dan siswi oleh Wali Kelas, yang keduanya sudah dilakukan sosialisasi dan pembekalan pada tanggal 23-24 November 2020 kepada seluruh kepala sekolah dan guru, melalui Vidcon tujuh angkatan.

“Selanjutnya kami harapkan dukungan lanjutan dari Pemkab Aceh Tamiang, untuk menyerahkan logistik GEMAS untuk diserahkan langsung kepada kepala sekolah melalui Kadisdik, KanKemenag dan Ka.Cabdin di Aceh Tamiang. Mohon partisipasi dan dukungan semua pihak agar distribusi masker ini berjalan dengan baik dan lancar,”pungkasnya. (Red)

FB-IMG-1653916326685

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.