Penyuluh Agama Asal Aceh Ikut Bimtek Menulis Nasional

Gananews《 Jawa Tengah-Dua Penyuluh Agama Islam asal Aceh, Tgk Mukhlisuddin MA dan Tgk Amiruddin SHI, sedang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Direktorat Penerangan Agama Islam Kemenag RI melalui Subdit Penyuluh Agama Islam di Hotel Syariah Solo, Jawa Tengah, Bimtek ini berlangsung dari tanggal 27 Februari sampai dengan 1 Maret 2023.

Menurut Tgk Amiruddin, kompetensi literasi digital sangat penting bagi Penyuluh Agama Islam. Dengan memiliki kemampuan literasi digital, PAI dapat mengisi ruang kosong digital yang selama ini masih digunakan untuk hal-hal negatif. Dengan mampu menggunakan teknologi digital dengan baik, PAI dapat menjangkau target dakwah secara luas dan mempermudah ASN dalam menunjang karier.

Tgk Amiruddin juga menyatakan bahwa literasi digital adalah suatu keharusan bagi penyuluh, supaya konten dakwah berkualitas dan dapat memperluas jangkauan. Saat ini, sasaran dakwah adalah pengguna gadget, maka sangat potensial disebarkan narasi keagamaan di media sosial.

Tgk Mukhlisuddin juga mengatakan bahwa semua platform media sosial menjadi ladang dakwah dan amal. Ia menegaskan bahwa kita harus bergerak di dunia maya dan tidak kalah dengan konten artis yang tidak mengandung nilai agama.

Bimtek ini dihadiri oleh beberapa pemateri, antara lain wartawan islami.co, Mojok, dan beberapa penulis nasional. Setelah Bimtek, peserta diminta untuk menulis di web khusus penyuluh, yang akan di-launching setelah kegiatan ini.

Tgk Amiruddin siap menularkan pengalaman dan ilmu yang diperoleh selama mengikuti Bimtek kepada penyuluh agama di Aceh yang belum berkesempatan ikut kegiatan yang sama. Menurutnya, literasi digital adalah hal yang sangat dibutuhkan dan harus dipelajari dan dipraktikkan sebagai penunjang kinerja.

Tgk Amiruddin juga menyadari bahwa alasan banyak konten negatif di media sosial seperti TikTok adalah karena minimnya konten berwawasan agama. Oleh karena itu, ia berharap agar audiens dakwah dapat diperluas di dunia maya dan konten dakwah berkualitas dapat bersaing dengan konten negatif.

Bimtek Literasi Digital ini diikuti oleh PAI PNS dan Non-PNS dari seluruh Indonesia dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan dakwah di Indonesia.”(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *